Saturday 31 March 2018

Cara Mengatasi Error Pada core/Common.php di CodeIgniter

Cara Mengatasi Error Pada core/Common.php di CodeIgniter - Selamat pagi sahabat gudang coding, gimana nih kabarnya? semoga sehat ya sahabat. setelah sekian lama tidak memosting kali ini admin akan memberikan informasi tentang Cara Mengatasi Error Pada core/Common.php di CodeIgniter terkadang ketika kita menjalankan sebuah project atau aplikasi berbasis web khusunya website yg menggunakan frimework sering mengalami kendala. seperti pada framework codeigniter terkadang kita menjumpai beberapa kode error. kita sudah memastikan bahasa codingan kita sudah benar semua tetapi masih saja tampil errornya. pada kasus yang sering di jumpai yaitu error pada common.php error seperti mengakibatkan web kita tidak mucul / tampil dengan baik.
Jika menemukan error pada CodeIgniter seperti ini 


A PHP Error was encountered
Severity: Notice
Message: Only variable references should be returned by reference
Filename: core/Common.php
Line Number: 257 
Langsung saja buka file itu di [folder ci]/system/core/Common.php, kemudian ganti kode di baris 257 dari

return $_config[0] =& $config;  

Menjadi
$_config[0] =& $config; return $_config[0]; 


Kenapa bisa begitu?
Ini terjadi karena ketidaksesuaian antara versi PHP dengan versi CodeIgniter yang digunakan. Sebaiknya jika kita menggunakan PHP versi terbaru, jangan lupa versi CodeIgniternya juga perlu diupdate. Jika tidak ya akan terjadi error-error seperti itu.
Namun jika kita sudah terlanjur menggunakan versi lama karena kita sudah aplikasinya, dengan 'sedikit' repot ganti kodenya seperti cara di atas.
 sekian dari kami semoga bermanfaat bagi sahabat gudang coding. Terimakasih telah berkunjung