Tuesday 29 August 2017

Free Download Ebook Belajar Framework Codeigniter

Tags

CodeIgniter adalah sebuah web application framework yang bersifat open source digunakan untuk membangun aplikasi php dinamis. CI atau CodeIgniter diperkenalkan kepada publik pada tanggal 28 Feburari 2006. Tujuan utama pengembangan codeigniter adalah untuk membantu developer mengerjakan aplikasi yang lebih cepat dibandingkan menulis semua code dari awal. Codeigniter menyediakan berbagai macam library yang dapat mempermudah dalam pengembangan.

Pembuat/penemu PHP Rasmus Lerdorf pada acara frOSCon mengatakan “because it is faster, lighter and the least like a framework” yang artinya kurang lebih dia menyukai codeigniter karena lebih ringan dan cepat dibandingkan framework lainnya. Codeigniter sendiri dibangun menggunakan konsep MVC (Model-View-Controller) design pattern, merupakan salah satu framework tercepat dibandingkan framework lainnya.


Kelebihan dan Keunggulan
CodeIgniter sangat ringan, terstruktur, mudah dipelajari, dokumentasi lengkap dan dukungan yang banyak dari forum CodeIngiter. CodeIgniter/CI memiliki fitur-fitur yang sangat bermanfaat diantaranya:
– Menggunakan Pattern MVC. Dengan menggunakan pattern MVC ini, struktur kode yang dihasilkan menjadi lebih terstruktur dan memiliki standar yang jelas.
– URL Freindly. URL yang dihasilkan sangat url freindly. Pada CI diminimalisasi penggunaan $_GET dan digantikan dengan URL.
– Kemudahan. Kemudahan dalam mempelajari, membuat library dan helper, memodifikasi serta meng-integrasikan library dan helper.

Dibandingkan framework lainnya, CodeIgniter memiliki beberapa keunggulan, seperti:
– Kecepatan. Berdasarkan hasil benchmark CodeIgniter merupakan salah satu framework PHP tercepat yang ada saat ini.
– Mudah dimodifikasi dan beradaptasi. Sangat mudah memodifikasi behavior framework ini. Tidak membutuhkan server requirement yang macam-macam serta mudah mengadopsi library lainnya.
– Dokumentasi lengkap dan jelas. Codeigniter menyediakan sebuah panduan yang lengkap. Semua informasi yang Anda butuhkan tentang CI ada di sana.
– Learning Curve Rendah. Codeigniter sangat mudah dipelajari. Dalam pemilihan framework hal ini sangat penting diperhatikan karena kita juga harus memperhatikan skill dari seluruh anggota team. Jika sebuah framework sangat sulit dipelajari maka akan beresiko untuk memperlambat team development Anda.

Agar dapat menggunakan CodeIgniter, anda harus menginstal dan melakukan konfigurasi terhadap CI terlebih dahulu. Hal-hal yang harus dipersiapkan dalam menginstal CodeIgniter adalah :
1.   Mempersiapkan web server. (Xampp)
2. Instalasi CodeIgniter. Sebelum melakukan instalasi yang perlu dilakukan pertama kali mendapatkan kode sumber dari CI itu sendiri yang dapat di download di http://www.CodeIgniter.com.
3.  Konfigurasi CodeIgniter. CodeIgniter memang dapat berjalan dengan konfigurasi default, tetapi sebuah aplikasi yang nyata kita harus tetap melakukan konfigurasi.

Untuk memudahkan Langkah Anda belajar CI, Silahkan anda download tutorial CI dari Ibnu Daqiqil Id, M.Ti (http//www.koder.web.id) berisi kurang lebih 125 halaman. Dari Isinya ebook/buku ini cukup lengkap bagi anda yang mau belajar CodeIgniter. Jadi, silahkan anda download tutorialnya di link download yang sudah disediakan. sumber : umardanny.com.

Baca cara Downloadnya Disini


Link Download Ebook